Mengenal Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Stroke

Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Stroke – Penyakit stroke merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan di dunia. Penyakit ini mernyerang sistem syaraf dan sistem syaraf merupakan sistem yang sangat penting dan berfungsi untuk mengatur tubuh untuk melakukan koordinasi dan bekerja sama dengan sistem tubuh lainnya. Orang yang terkena stroke biasanya ia akan kehilangan fungsi otaknya karena suplai darah keotak berhenti. Di Indonesia penyakit ini sudah sangat populer dan banyak menyerang orang baik pria maupun wanita.

Sebenarnya apa sih penyebab dari penyakit stroke ini? Stroke dapat terjadi karena dua faktor yang pertama yaitu karena dampak dari penyakit lain seperti hipertensi, kolesterol, gangguan pada jantung, diabetes dan karena memiliki riwayat stroke pada keluarga tersebut. Yang kedua stroke bisa disebabkan karena faktor perilaku dan gaya hidup yang kurang sehat. Penyebab inilah yang biasa menjadi pemicu seseorang terkena penyakit stroke.

Mengenal Gejala Penyebab Dan Mencegah Stroke
Gambar hanya sebagai ilustrasi

Untuk itu sebelum stroke menyerang anda, rubahlah gaya hidup yang kurang sehat itu. Hindari rokok dan minum-minuman keras, konsumsi makanan yang bergizi dan rajin berolahraga. Jika anda bisa melakukan hal tersebut maka anda akan jauh dari penyaki stroke. Stroke dapat menyerang kapan saja dan biasanya ditandai oleh beberapa hal seperti penglihatan yang secara tiba-tiba kabur, merasa bingung dan sulit untuk berbicara, susah berjalan, mendadak merasa pusing dan kehilangan rasa atau mati rasa.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada diri anda sebaiknya mulai sekarang lakukan tindakan pencegahan. Tindakan pencegahan sangat efektif untuk menghindarkan dari penyakit stroke. Banyak cara untuk Mencegah Penyakit Stroke menyerang anda salah satunya dengan cara seperti dibawah ini.

Makan-makanan Yang Sehat

Asupan gizi yang masuk kedalam tubuh kita menjadi penentu kesehatan kita. Mungkin hal ini sudah sering anda dengar bahkan ribuan kali anda dengar, namun kami hanya memberikan saran agar anda senantiasa terhindar dari penyakit berbahaya ini. Perbanyaklah makan sayur dan buah dan hindari makanan seperti daging merah yang banyak mengandung lemak. Makanan berlemak akan meningkatkan kolesterol dan kolesterol tinggi bisa menjadi pemicu anda terkena stroke.

Pantau Berat Badan

Kelebihan atau kekurangan berat badan tentunya memiliki resiko yang buruk bagi kesehatan. Untuk itu sebisa mungkin anda harus membuat berat badan anda lebih ideal. Obesitas dapat meningkatkan resiko anda terkena hipertensi dan diabetes. Kedua penyakit ini bisa menjadi penyebab anda terkena penyakit stroke.

Kurangi Asupan Garam

Konsumsi garam yang berlebihan dapat memicu tekanan darah tinggi dan seperti yang telah kami sebutkan tadi bahwa tekanan darah tinggi dapat memicu seseorang terkena penyakit stroke.

Rutin Berolahraga

Memiliki tubuh yang sehat tidaklah sulit. Dengan berolahraga kita dapat mewujudkan keinginan tersebut. Lakukan olahraga secara rutin minimal 3kali dalam seminggu. Dengan melakukan aktifitas fisik maka akan membantu menurunkan tensi darah anda sehingga anda akan terhindar dari tekanan darah tinggi dan stroke.

Hindari Rokok dan Alkohol

Dua kebiasaan ini yang mungkin biasa terjadi pada anak muda jaman sekarang. Mungkin saat ini anda belum begitu merasakan dampak dari rokok dan alkohol. Namun lihatlah nanti ketika usia anda sudah lebih dari 40th pastinya anda dapat membedakan orang yang hidupnya sehat dengan orang yang bisa merokok dan minum minuman keras akan sangat terlihat jauh perbedaaanya.
Diatas hanyalah segelintir tindakan pencegahan yang dapat anda lakukan untuk menghindari stroke. Kenali lebih dekat penyakit stroke ini tentang dampak, gejala dan penyebabnya baru kemudian anda melakukan tindakan pencegahan untuk Mencegah Penyakit Stroke. Sekian dan Terimakasih.

Postingan terkait: