Makanan dan Minuman Pantangan Kolesterol Tinggi yang Harus di Hindari

Makanan dan Minuman Pantangan Kolesterol Tinggi yang Harus di Hindari - Kolesterol merupakan salah satu zat lemak yang ada dalam tubuh yang mempunyai fungsi yang baik untuk kesehatan. Tanpa kolesterol dalam tubuh, keseimbangan metabolisme dalam tubuh akan berkurang. Namun, jika kelebihan kolesterol juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Kadar kolesterol yang sangat banyak didalam darah bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit mematikan seperti jantung dan penyakit kompilasi yang lainnya. Tentu saja kelebihan kolesterol dalam tubuh ini ada penyebabnya. Penyebab utamanya yaitu dari faktor makanan. Oleh sebab itu, bagi Anda yang mempunyai kadar kolesterol tinggi ada beberapa makanan dan minuman pantangannya. Pantangan kolesterol tinggi ini kebanyakan adalah makanan yang banyak mengandung lemak hewani.

Makanan dan Minuman Pantangan Kolesterol Tinggi yang Harus di Hindari
Gambar hanya sebagai ilustrasi

Untuk Anda yang sudah terdeteksi mempunyai kolesterol yang tinggi sebaiknya menghindari Makanan dan Minuman Pantangan Kolesterol Tinggi. Berikut beberapa olahan makanan dan minuman yang harus dihindari para penderita kolesterol tinggi.
  • Jeroan
Pantangan makanan penderita kolesterol yang pertama adalah jeroan. Jeroan atau bagian dalam sapi atau hewan lainnya sangat tinggi kadar kolesterolnya. Olah sebab itu, para penderita kolesterol sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang terbuat dari olahan jeroan sapi dan sejenisnya.
  • Olahan Sapi

Tidak hanya jeroannya saja tapi juga daging sapi dan berbagai olahan dari sapi menjadi makanan pantangan untuk penderita kolesterol tinggi. Daging sapi dan juga susu sapi harus dihindari oleh penderita kolesterol. Tidak hanya itu, makanan olahan dari sapi misalnya saja yogurt juga tidak disarankan untuk dikonsumsi.
  • Makanan bersantan

Makanan pantangan kolesterol tinggi yang selanjutnya adalah makanan dan juga minuman yang bersantan. Kandungan kolesterol pada minuman dan juga makanan yang bersantan sangat tinggi sehingga sangat dianjurkan untuk tidak dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi.
  • Seafood

Pantangan makanan penderita kolesterol yang terakhir adalah seafood atau makanan laut. Makanan yang berasal dari laut memang mengandung kolesterol yang sangat tinggi, misalnya saja cumi, gurita, dan berbagai olahan seafood lainnya. Oleh sebab itu, hindari untuk terlalu banyak mengkonsumsinya agar kolesterol tidak naik.

Berbagai Makanan dan Minuman Pantangan Kolesterol Tinggi diatas harus dihindari dan jangan dimakan sedikitpun karena bisa meningkatkan kolesterol dalam darah. Selain menghindari makanan dan minuman yang sudah disebutkan diatas, Anda juga perlu meningkatkan rutinitas olahraga setiap harinya. Luangkan waktu 15 sampai 30 menit setiap hari untuk melakukan olahraga. Tidak perlu olahraga yang berat cukup dengan berjalan kaki ataupun jogging setiap pagi atau sore bisa membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Selain itu juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat tubuh semakin sehat.

Demikianlah tadi ulasan kita pada kesempatan kali ini mengenai Makanan dan Minuman Pantangan Kolesterol Tinggi yang sebaiknya di hindari. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat, serta dapat menambah wawasan kesehatan kita, khusunya bagi anda punya kolesterol tinggi dalam menjaga pola makannya. Terimakasih, Salam sehat!

Postingan terkait: