Makanan Pemicu Darah Tinggi yang perlu Dihindari


Makanan Pemicu Darah Tinggi yang perlu Dihindari - Bagi Anda penderita darah tinggi, Anda harus mengetahui makanan-makanan seperti apa yang harus Anda hindari, atau dengan berusaha mengkonsumsi seminimal mungkin supaya tekanan darah tidak semakin tinggi. Selain itu, Dengan menghindari makanan tersebut, maka proses menurunkan tekanan darah akan lebih cepat. Makanan Pemicu Darah Tinggi tersebut yang kami maksud adalah:

Makanan Pemicu Darah Tinggi yang perlu Dihindari
Gambar hanya sebagai ilustrasu
  • Garam

Makanan penyebab darah tinggi yang pertama adalah makanan yang banyak mengandung garam dan sodium yang istilah lainnya adalah natrium adalah dua bahan makanan yang harus dikurangi asupannya karena dapat menjadi pemicu darah tinggi.

  • Gula

Terlalu banyak mengkonsumsi gula memang kurang baik untuk kesehatan karena bisa terkena penyakit gula juga obesitas. Konsumsi gula yang berlebih, bahkan mengkonsumsi pemanis buatan akan meningkatkan tekanan darah Anda. Terlebih jika Anda mengalami obesitas, resiko darah tinggi semakin besar.

  • Kafein

Setiap minuman atau makanan yang mengandung kafein sebaiknya Anda kurangi atau jika bisa hindari. Makanan yang mengandung kafein tergolong dalam makanan yang dapat memicu tekanan darah tinggi karena kandungannya sangat berpotensi untuk menaikkan tekanan darah.

  • Minyak Goreng

Minyak goreng nabati yang biasanya digunakan untuk memasak mengandung lemak sintesis yang dapat memicu naiknya tekanan darah. Gantilah minyak goreng Anda dengan olive oil, karena lebih baik untuk kesehatan.

  • Makanan Kaleng

Makanan yang berkaleng seperti sarden, kornet merupakan makanan yang mudah dimasak jadi banyak penggemarnya. Namun ternyata, ini termasuk makanan yang dapat memicu tekanan darah tinggi karena banyak mengandung sodium.

  • Mie Instan

Mie instan sudah sangat melekat dengan masyarakat Indonesia, terlebih sekarang ini banyak sekali varian rasanya. Makanan ini bisa menjadi penyebab darah tinggi pada usia muda. Namun, jika Anda ingin tetap hidup sehat kurangilah makanan ini karena mengandung natrium yang tinggi sehingga dapat menaikkan tekanan darah.

  • Kentang Goreng

Bagi yang suka membeli kentang goreng di restoran cepat saji, mulai sekarang hentikanlah. Kentang goreng ini mengandung natrium, lemak, dan sodium yang sangat memungkinkan dapat menaikkan tekanan darah.

  • Acar

Acar memiliki kandungan sodium yang sangat tinggi yang sangat berpotensi menaikkan tekanan darah karena di dalamnya mengandung cuka, garam, dan gula. Sebaiknya hindari makanan ini agar Anda tidak terkena gejala darah tinggi.


Demikianlah tadi beberapa makanan yang dapat memicu tekanan darah tinggi. Jangan ragu untuk mengurangi ataupun menghindari mengkonsumsi Makanan Pemicu Darah Tinggi di atas jika Anda memang menyayangi kesehatan Anda. Menjadi orang yang menderita darah tinggi bukannya diharuskan mengurangi porsi makannya kok, tapi lebih ke memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Sekian info dari kami, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan menjad referensi bagi anda. Salam sehat selalu!

Postingan terkait: